Mengatasi Gejala Saraf Mata Robek Secara Alami

Solusi Pengobatan Gejala Saraf Mata Robek Secara Alami dan Operasi - obatpenyakitmata.com,- Retina yang robek menyebabkan gejala saraf mata robek akibat bagian retina terpisah dari lapisan sebelah luar mata. Robekan retina yang dibiarkan tidak mendapat pengobatan akan menyebabkan kondisi yang lebih serius yaitu terlepasnya retina. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan kehilangan sebagian penglihatan atau bahkan seluruhnya.

Penyebab Gejala Saraf Mata Robek

iklan

Gejala saraf mata robek terjadi akibat cairan vitreous yang berbentuk jelly di dalam mata mencair dan menekan retina secara abnormal. Gejala yang timbul dapat berupa peningkatan floaters (bintik kecil yang melayang-layang di sekitar lapang pandang) dan flashes (kilatan cahaya terang pada lapang pandang), serta penurunan kemampuan penglihatan. Kondisi tersebut terjadi karena vitreous menarik retina dan menyebabkan reaksi visual pada mata.

Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami gejala saraf mata robek adalah rabun jauh (miopi), faktor keturunan dan pasca operasi katarak. Pemeriksaan mata reguler dapat membantu mendeteksi adanya masalah pada mata atau tidak. Selain itu, pengobatan dapat dilakukan dengan segera sehingga retina yang robek dapat langsung diperbaiki sebelum terjadi pelepasan retina sepenuhnya.

Gejala saraf mata robek dapat diobati dengan operasi laser untuk mencegah pelepasan retina dari retina yang robek. Operasi laser bertujuan membentuk jaringan parut yang berfungsi untuk mencegah vitreous keluar melalui robekan retina. Beberapa kasus retina robek tidak mengarah pada pelepasan retina sehingga tidak perlu pengobatan yang serius. Akan tetapi, kondisi ini tetap memerlukan pengamatan dan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada resiko pelepasan retina. Pengobatan retina yang robek mempunyai tingkat keberhasilan 95% mempertahankan penglihatan normal dan mencegah kehilangan penglihatan.

Jenis Operasi Gejala Saraf Mata Robek

Pada gejala saraf mata robek yang lebih serius, diperlukan operasi untuk menutup robekan retina dan menempelkan kembali retina. Prosedur operasi tersebut terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu :

  • Pneumo Retinopeksi. Penyuntikkan gas SF6 ke dalam corpus vitreous yang berguna untuk menekan retina yang mengelupas agar menempel kembali.  Kemudian dilakukan laser fotokoagulasi agar retina bisa menempel secara permanen
  • Encircling / buckle. Pemasangan sabuk silikon yang melingkari bagian luar bola mata dengan tujuan untuk membuat lekukan dinding bola mata ke dalam agar robekan retina tertutup. Operasi ini disertai dengan kriopeksi (pembekuan jaringan) agar retina menempel lebih kuat
  • Vitrectomy. Operasi pembersihan vitreous di dalam rongga mata, memotong jaringan ikat pada permukaan retina, menempelkan kembali retina dan melakukan laser fotokoagulasi, kemudian rongga bola mata diisi gas atau silikon. Seringkali dikombinasikan dengan encircling/buckle.

Itulah informasi yang dapat kami sampai mengenai gejala saraf mata robek semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Diatas dijelaskan bahwa ada berbagai macam pengobatan saraf mata robek ini diantaranya dengan operasi dan mengkonsumsi obat herbal. Dari pada anda melakukan operasi dengan resiko tinggi lebih baik anda mencoba menjalani terapi pengobatan mata anda dengan walatra sehat mata softgel. Silahkan buktikan khaiatnya sendiri.