Tanda Gejala Saraf Mata Putus dan Penyebabnya

Gejala Saraf Mata Putus dan Penyebabnya - obatpenyakitmata.com,- Saraf mata merupakan kumpulan saraf-saraf yang memiliki peran penting dalam sistem penglihatan manusia. Cahaya yang ditangkap oleh mata kemudian dihantarkan oleh saraf menuju otak untuk dapat diterjemahkan. Gangguan pada saraf seperti gejala saraf mata putus dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Tanda Gejala Saraf Mata Putus

iklan

Saraf mata membawa sinyal yang berasal dari mata menuju ke bagian belakang otak. Pada struktur otak yang disebut optic chiasm, setiap saraf membelah dan sebagian saraf melintang di atas yang lainnya. Kerusakan pada saluran saraf mata ini menyebabkan pola khusus gejala saraf mata putus yang mempengaruhi penglihatan tergantung di daerah mana kerusakan terjadi.

Jika saraf mata rusak di antara bola mata dan chiasm, maka bisa menyebabkan kebutaan. Sedangkan jika chism mata yang rusak, mata kanan akan kehilangan pandangan di bagian sebelah kanan pada bidang penglihatan dan mata kiri kehilangan pandangan di sebelah kiri bidang penglihatan. Berbeda lagi pada kasus hemianopia yaitu kerusakan lebih jauh pada jalur saraf optik akibat stroke atau tumor, maka akan menghasilkan pola kehilangan penglihatan yang lain. Misalnya kerusakan saraf berada di sebelah kiri bagian otak, maka kedua mata akan kehilangan setengah bagian kanan lapang pandang.

Tanda-tanda gejala saraf mata putus diawali dengan penglihatan yang kabur, kemudian tiba-tiba kembali jernih atau terlihat lingkaran di sekitar sumber cahaya. Penyebab saraf mata putus dapat bermacam-macam di antaranya karena penyakit glaukoma, rabun jauh, stres dan faktor keturunan.

Penyebab Gejala Saraf Mata Putus

Gejala saraf mata putusterjadi dikarenakan cairan mata terhambat keluar menyebabkan pembengkakan bola mata. Hal ini membuat bagian belakang bola mata tertekan sehingga saraf mata terjepit. Akibatnya saraf tidak mendapat cukup aliran darah sehingga membuat saraf mata menjadi rusak dan putus. Penyebab umum kerusakan saraf adalah adanya tumor pada kelanjar pitutary yang menekan saraf tersebut.

Untuk mengobati gejala saraf mata putus dapat dilakukan dengan berbagai cara. Umumnya, dilakukan dengan operasi penyambungan kembali saraf mata. Biayanya tergolong cukup mahal dan kadangkala dibutuhkan lebih dari satu kali prosedur operasi. Selain itu, terdapat efek samping akibat konsumsi obat kimia dan tidak ada jaminan 100% untuk kembali normal.