Gejala Mata Silinder, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gejala Mata Silinder, Penyebab dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Mata silinder atau astigmatism adalah gangguan pada mata, yakni kornea atau lensa mata memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya. Pada mata normal, permukaan lensa merata ke semua arah, sedangkan saat terjadi gejala mata silinder, kornea atau lensa mata cenderung dalam atau tidak cembung sempurna. Pembiasan cahaya yang masuk ke dalam mata pun tidak pada satu titik fokus sehingga penglihatan menjadi berbayang dan tidak jelas.

Gejala Mata Silinder dan Faktor Penyebab Penyakit Mata Silinder

iklan

Penderita gejala mata silinder akan mengalami kesulitan saat melihat jauh maupun dekat sehingga menjadi sering memicingkan mata. Gangguan yang lebih parah dapat mengakibatkan penglihatan menjadi ganda, bergelombang, sakit kepala, mata tegang dan lelah. Penyebab mata silinder adalah penurunan daya akomodasi lensa mata terhadap cahaya. Dalam kondisi normal, cahaya yang masuk difokuskan oleh lensa tepat ke retina, namun pada penderita mata silinder fokus tersebut pecah. Ini disebabkan oleh permukaan kornea yang tidak rata.

Ada dua jenis silinder yaitu silinder regular dan silinder irregular. Silinder regular memiliki gangguan kornea yang beraturan, misalnya satu sisi cekung atau dua sisi sama cekung. Sedangkan silinder irregular gangguan kornea yang dimiliki tidak beraturan, misalnya sisi kanan bawah cekung tetapi sisi kanan atas cembung. Gejala mata silinder dapat diketahui apabila memiliki ciri-ciri seperti berikut :

  • Penglihatan berbayang atau buram
  • Mata cepat lelah dan tegang
  • Sakit kepala saat fokus melihat benda-benda
  • Mudah silau terhadap cahaya
  • Sering memiringkan kepala untuk melihat suatu objek
  • Tulisan yang lurus terlihat seperti terpecah atau berdempetan

Penyebab gejala mata silinder biasanya didapat karena bawaan sejak lahir. Namun, terdapat pula faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi mata silinder, yaitu :

  • Infeksi yang menyebabkan timbulnya jaringan parut pada kornea mata
  • Operasi mata yang melibatkan perubahan kornea
  • Terjadinya perubahan, pembengkakan atau penipisan kornea
  • Kondisi perubahan kelopak mata yang membuat kornea menjadi terganggu

Pada dasarnya, mata silinder tidak akan bertambah bila menggunakan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran tepat. Justru silinder akan bertambah bila menggunakan ukuran yang salah. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter saat akan memilih lensa yang akan dipakai. Itulah informasi tentang gejala mata silinder semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.