Gejala Mata Rabun Senja, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Gejala Mata Rabun Senja - obatpenyakitmata.com,- Rabun senja atau nyctalopia adalah gangguan umum yang terjadi dimana mata mengalami kesulitan untuk melihat pada kondisi cahaya redup. Rabun senja sering juga disebut dengan rabun ayam karena biasanya dirasakan saat senja menjelang malam. Umumnya gejala mata rabun senja dialami oleh penderita rabun jauh yang tidak diobati atau penderita glaukoma yang sedang melakukan pengobatan. Efek samping obat-obatan glaukoma kimia mengakibatkan pupil mengecil sehingga mata kesulitan untuk menangkap cahaya.

Penyebab dan Gejala Mata Rabun Senja

iklan

Kembali lagi ke pembahsan gejala mata rabun senjata, perlu anda ketahui organ pada mata yang berfungsi menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal syaraf adalah retina. Retina terdiri dari sel-sel batang yang terletak di bagian luar retina dan sel-sel kerucut. Sel-sel batang ini jumlahnya lebih banyak dari sel kerucut dan 100% lebih sensitif dari sel kerucut. Normalnya, sel-sel batang akan berfungsi dengan baik saat pencahayaan kurang. Namun, apabila terjadi gangguan pada sel-sel batang maka bisa menyebabkan terjadinya gejala mata rabun senja akibat sel-sel batang retina pada mata tidak bisa merespon cahaya pada kondisi cahaya redup.

Gejala mata rabun senja bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin A (defisiensi retinol). Salah satu bentuk vitamin A yang sangat diperlukan tubuh adalah retinol. Retinol ini bersama dengan rodopsin berperan penting dalammembentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya. Kemudian sinyal cahaya yang diterima retina diteruskan menjadi proyeksi gambar ke otak.

Penyebab lain gejala mata rabun senja adalah karena mengalami katarak atau rabun jauh, gangguan degeneratif retina (retinitis pigmentosa), memiliki penyakit diabetes sehingga menghambat penyerapan vitamin A, terpapar sinar matahari secara berlebihan dan penggunaan obat glaukoma yang mengecilkan pupil mata.

Untuk mengobati rabun senja dapat dilakukan dengan mempertimbangkan penyebab dan tingkat keparahan gejala mata rabun senja. Jika rabun senja disebabkan oleh kurangnya vitamin A maka sebaiknya rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, bayam, tomat, hati, susu, telur,daging, ikan, umbi-umbian dan sayuran hijau. Apabila rabun senja disebabkan oleh rabun jauh, maka gunakan kacamata atau lensa yang tepat. Selain itu, pertimbangkan untuk mengkonsumsi obat herbal yang kami jual, karena pengobatan dengan herbal itu tidak akan menimbulkan efek samping.