Ciri-ciri Gejala Mata Rabun Jauh dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Gejala Mata Rabun Jauh dan Penyebabnya - obatpenyakitmata.com,- Pada kondisi mata normal, lensa mata atau kornea membiaskan cahaya tepat di pusat retina. Namun, pada gejala mata rabun jauh, cahaya yang masuk tidak terpusat di retina tetapi titik fokus jatuh di depan retina sehingga membuat pandangan menjadi tidak jelas atau kabur. Penyebab kerusakan rekraktif mata ini diduga karena faktor keturunan dan akibat pengaruh lingkungan. Orang tua yang menderita rabun jauh membuat anaknya 30% beresiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang sama. Faktor lingkungan pun menjadi salah satu penyebabnya seperti kebanyakan menonton tv, terlalu sering membaca dan menatap layar komputer terus menerus.

Ciri-ciri Gejala Mata Rabun Jauh

iklan

Miopia atau mata rabun jauh adalah suatu kelainan pada mata yang menyebabkan seseorang dapat melihat dengan jelas objek yang dekat namun objek yang jauh terlihat samar. Rabun jauh dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Namun, kondisi ini biasanya dirasakan sejak anak-anak saat usia sekolah. Beberapa Gejala Mata Rabun Jauh yang umum dirasakan oleh penderita rabun jauh, yaitu :

  • Sering menyipitkan mata karena kesulitan melihat objek yang jauh seperti saat melihat tulisan di papan tulis
  • Sakit kepala karena mata dipaksakan bekerja terlalu keras
  • Sering mengedipkan mata untuk memperjelas pandangan
  • Sering tidak menyadari keberadaan objek yang letaknya jauh

Penanganan untuk gejala mata rabun jauh tergantung tingkat keparahan rabun jauh, usia dan kondisi pasien. Tujuannya adalah untuk membantu supaya cahaya terfokus di pusat retina. Cara yang dapat ditempuh antara lain dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak dan Operasi laser (LASIK, LASEK, PRK). Akan tetapi, operasi laser tidak dianjurkan untuk penderita di bawah usia 21 tahun karena mata masih dalam perkembangan. 

Selain itu, operasi ini pun tidak cocok bagi penderita glaukoma dan katarak, penderita diabetes, penderita HIV serta ibu hamil dan menyusui. Untuk menghindari gejala mata rabun jauh  dapat dilakukan dengan cara menjalankan pola hidup sehat yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.