Tanda Gejala Mata Pterigium dan Cara Pengobatannya

Gejala Mata Pterigium, Penyebab dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Pterigium adalah suatu kondisi adanya selaput yang menutupi bagian putih pada mata. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu mata ataupun keduanya sekaligus. Gejala mata pterigium termasuk lesi non kanker yang tidak berbahaya. Akan tetapi, jika dibiarkan pterigium ini akan tumbuh dan menyebar sampai pada kornea mata. Hal ini akan sangat mengganggu penglihatan.

Cara Mengatasi Gejala Mata Pterigium

iklan

Pengobatan untuk gejala mata pterigium yang ringan biasanya hanya dengan pemberian obat tetes. Obat tetes mata ini mengandung steroid dan lubrikasi yang berfungsi untuk meringankan gejala pterigium dan mencegah terjadinya inflamasi. Bila dengan penggunaan obat tetes tidak efektif dan beresiko mengancam penurunan kemampuan penglihatan penderita, maka harus dilakukan operasi. Tak hanya itu, penderita yang menjalani operasi pun tetap diharuskan untuk mengonsumsi obat yang fungsinya untuk mencegah pertumbuhan kembali pterigium.

Berikut Adalah Gejala Gejala Mata Pterigium :

Umumnya, gejala mata pterigium ditandai dengan hanya selaput pada bagian putih mata. Namun, tidak jarang penyakit ini ditandai dengan munculnya gejala-gejala lain, seperti :

  • Mata merah, gatal, perih serta terjadi iritasi
  • Terasa seperti ada yang mengganjal pada mata
  • Penglihatan menjadi samar atau bahkan kabur

Penyebab pasti gejala mata pterigium masih belum diketahui. Namun, kondisi ini seringkali terjadi pada orang yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Kemungkinan terlalu sering terpapar sinar matahari, kontaminasi debu dan asap serta angin menjadi alasan seseorang bisa mengalami pterigium. Selain itu, mata yang kering juga menjadi salah satu faktor pemicu penyakit ini.

Seseorang yang mengalami gejala mata pterigium harus segera memeriksakan diri ke dokter. Penanganan yang tepat akan sangat membantu untuk menghindari adanya komplikasi akibat kondisi tersebut. Melalui pemeriksaan dan sejumlah tes, dokter dapat mengetahui tingkat keparahan pterigium dan memberikan solusi pengobatan yang tepat. Jika diketahui pterigium yang dialami seseorang mengganggu kenyamanan dan menghalangi pandangan, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan pilihan pengobatan mulai dari obat-obatan hingga operasi.

Untuk menghindari gejala mata pterigium atau mencegah penyakit ini tumbuh lagi sebaiknya kita menghindari paparan sinar matahari langsung, debu dan asap yang bisa jadi pemicu penyakit ini. Gunakan topi atau kacamata yang bisa melindungi mata dari polutan saat Anda bepergian atau berada di luar ruangan.