Gejala Mata Minus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gejala Mata Minus, Penyebab dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Mata minus atau myopia merupakan salah satu gangguan penglihatan yang tidak dapat fokus untuk melihat objek yang jauh. Istilah myopia berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyempitkan atau menyipitkan mata. Orang yang menderita gejala mata minus akan mengalami kesulitan saat melihat benda yang jaraknya jauh karena penglihatannya buram atau tidak jelas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gejala Mata Minus

mata minus

Untuk menghindari resiko gejala mata minus, sebaiknya dilakukan pemeriksaan mata secara komprehensif sejak dini agar dapat dilakukan pencegahan supaya gangguan mata minus tidak makin parah. Tes visi standar penting dilakukan pada anak-anak usia sekolah untuk dapat mendiagnosa gangguan ini sejak awal. Namun bagi orang yang terlanjur mengalami mata minus dapat dilakukan pengobatan dengan menggunakan kacamata dan lensa kontak serta operasi bila terlalu parah.

Gejala mata minus terjadi karena mata tidak dapat membiaskan cahaya ke titik fokus yang tepat. Untuk kondisi mata normal, objek atau gambar difokuskan tepat di retina, namun pada mata minus titik fokusnya jatuh pendek di depan retina sehingga penderita hanya dapat melihat dengan jelas objek yang dekat sedangkan objek yang jauh akan terlihat kabur atau buram.

Salah satu penyebab gejala mata minus adalah stres mata akibat aktivitas yang menggunakan jarak pandang dekat. Misalnya, seseorang yang menghabiskan waktu berada di depan layar komputer setiap hari akan lebih beresiko mengalami mata minus. Aktivitas lainnya yang dapat memicu myopia adalah membaca buku dengan durasi waktu yang lama. Selain itu, faktor keturunan juga dipercaya sebagai salah satu penyebab mata minus.

iklan

Gejala mata minus biasanya terjadi saat usia remaja. Ciri-cirinya dapat diketahui saat pandangan menjadi buram atau tidak jelas ketika melihat benda yang jauh, pusing dan sakit kepala karena kelelahan mata serta sering berkedip atau mengucek mata untuk memperjelas penglihatan.

Terjadinya gejala mata minus bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak masih kecil. Di antaranya, menghindari kebiasaan menonton tv terlalu dekat, menghindari kebiasaan membaca buku di tempat yang gelap atau sambil tiduran, menghindari menatap layar komputer terlalu dekat dan dalam jangka waktu lama. Selain itu, istirahat yang cukup dan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A sangat dianjurkan untuk menjaga agar mata tetap sehat.