Penyebab Mata Merah - Gejala Mata Merah

Penyebab dan Gejala Mata Merah - obatpenyakitmata.com,- Mata merah menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu apalagi saat kita diharuskan untuk berinteraksi dengan orang lain. Mata merah bisa mengganggu penampilan sehingga kita akan kehilangan rasa percaya diri di samping harus menahan rasa sakit.  Gejala mata merah biasanya ditandai dengan mata terasa perih, berair, gatal dan bengkak sehingga penglihatan menjadi samar.

Gejala Mata Merah dan Penyebabnya

mata merah

Mata tampak merah pada bagian putihnya atau ada garis-garis merah di mata. Gejala mata merah timbul karena pembuluh darah di mata membengkak atau mengalami iritasi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh alergi, infeksi, luka dan mata lelah. Indikasi yang lebih serius dari mata merah bisa menunjukkan penyakit yang lebih serius yakni glaukoma. Beberapa penyebab umum terjadinya Gejala mata merah, yaitu :

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan infeksi mata yang umum terjadi dan bersifat menular. Penyakit ini terjadi karena radang pada konjungtiva yaitu lapisan tipis yang menutupi permukaan bola mata. Radang atau infeksi ini membuat pembuluh darah pada mata menjadi bengkak serta membuat mata menjadi merah dan terasa kesat.

Konjungtivitis bisa disebabkan oleh banyak hal diantaranya karena alergi, debu atau infeksi. Radang yang disebabkan alergi umumnya terasa gatal pada kedua mata. Sementara radang yang disebabkan oleh virus awalnya hanya pada satu mata kemudian menular ke satunya lagi. Konjungtivitis yang dipicu bakteri biasanya akan membuat mata terus menerus mengeluarkan kotoran (belek)

Gejala mata merah bisa juga terjadi karena mata kering. Kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan sehingga membuat mata mengalami iritasi menjadi kering dan terlihat merah. Selain itu, cuaca panas dan penggunaan lensa kontak terus menerus bisa menyebabkan mata menjadi kering

  • Mata lelah

Lama menatap layar komputer dapat membuat mata menjadi lelah, kering dan berair. Ini membuat mata terlihat merah karena tidak cukup banyak berkedip untuk melembabkan mata

  • Luka

Luka pada mata akibat kecelakaan, baru menjalani operasi, akibat luka bakar atau goresan kecil bisa menyebabkan mata menjadi merah. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah di mata melebar supaya bisa mengalirkan darah lebih banyak dan mempercepat proses penyembuhan

Jika Anda mengalami Gejala mata merah, ada beberapa tips untuk mencegah iritasi lebih parah.

iklan
  • Jangan menyentuh langsung mata dengan tangan yang kotor
  • Hindari penggunaan make up atau lensa kontak untuk sementara waktu
  • Kompres dengan menggunakan kain lembut yang bersih untuk melembabkan sekaligus membersihkan mata

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala mata merah dan penyebab mata merah yang harus anda perhatikan. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda. Tetap jaga mata kita, jaga selalu kesehatan mata kita karena mata adalah bagian tubuh kita yang sangat berharga.