Penyebab Gejala Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gejala Mata Kering dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Mata kering adalah gangguan pada permukaan mata akibat ketidakstabilan produksi dan fungsi lapisan air mata. Mata kering terjadi karena produksi air mata yang kurang atau evaporasi air mata meningkat sehingga tidak mampu untuk melubrikasi kornea mata.Selain itu, mata kering dapat juga disebabkan oleh radang pada permukaan mata. Bila tidak ditangani, keadaan ini bisa menimbulkan jaringan parut pada kornea yang menyebabkan ketajaman penglihatan menurun.

Cara Mengatasi Gejala Mata Kering

iklan

Keluhan yang banyak terjadi pada penderita gejala mata kering adalah mata terasa panas, perih, seperti ada benda asing dan terasa seperti terbakar. Gejala-gejala ini semakin memburuk saat berada pada lingkungan dengan kondisi berangin, berasap dan ruangan ber-AC. Selain itu, mata kering juga dialami oleh orang yang membaca terlalu lama dan orang yang bekerja dengan menatap layar komputer terus menerus.

Penyebab Terjadinya Gejala Mata Kering

Faktorpenyebab gejala mata keringadalah karena kualitas dan kuantitas air mata yang kurang baik. Selain itu, faktor-faktor lain pun berpengaruh, misalnya :

  • Usia lanjut
  • Peradangan pada permukaan bola mata, kelenjar lakrimal dan konjungtiva
  • Faktor hormonal, biasanya dialami oleh wanita hamil, menyusui, memakai kontrasepsi dan saat menopause
  • Penyakit yang berhubungan dengan mata kering seperti penyakit tiroid
  • Obat-obatan kimia yang dapat menurunkan produksi air mata seperti antidepresan, antihistamin, beta blockers, pil KB dan obat anestesi umum
  • Pemakaian lensa kontak
  • Lingkungan dengan udara panas dan kering, polusi, angin, asap dan ruangan ber-AC
  • Jarang mengedipkan mata
  • Pasca operasi lasik

Gejala mata kering termasuk kondisi penyakit kronis, yakni tidak dapat disembuhkan akan tetapi dapat diatasi gejala-gejalanya. Penanganannya pun tergantung penyebab mata kering itu sendiri. Jika berada di luar ruangan dengan lingkungan yang panas sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk mencegah penguapan air mata berlebih. Jika mata kering disebabkan oleh pemakaian lensa kontak maka sebaiknya sering-sering meneteskan artificial tears agar tetap lembab dan tidak membuatnya kering.

Pada umumnya, gejala mata kering tidakmenimbulkan gangguan yang serius pada mata. Namun, pada kasus yang sangat parah dapat menimbulkan kekeruhan kornea mata. Hal ini bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram dan tidak jelas. Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan informasi tentang gejala mata kering ini bermanfaat untuk anda.