Penyebab, Gejala Mata Katarak dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Gejala Mata Karatak - obatpenyakitmata.com,- Katarak merupakan penyakit mata yang terjadi karena ada bercak putih seperti kabut pada bagian belakang mata yang menyebabkan penglihatan kabur. Seiringbertambahnya usia, jaringan dalam lensa mata mulai mengalami kerusakan dan saling menggumpal menjadikan lensa kurang transparan dan lentur membentuk seperti awan kabut. Kabut inilah yang mempengaruhi pandangan seseorang menjadi semakin samar.

Gejala Mata Katarak dan Cara Mengatasinya

katarak

Gejala mata katarak umumnya dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Penyakit ini menjadi salah satu faktor utama penyebab kebutaan di dunia. Selain faktor usia, ada pula faktor lain yang mempengaruhi seseorang bisa menderita katarak. Di antaranya, kebiasaan minum minuman beralkohol, merokok, memiliki penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan pernah mengalami cedera atau bedah mata.

Katarak terbagi dalam dua jenis, yaitu katarak nuklear dan katarak kortikal. Katarak nuklear menyerang pusat lensa sehingga lensa menjadi berkabut dan berwarna kuning. Gejala mata katarak nuklear yang biasa terjadi adalah rabun jauh dan gambar tampak berganda. Dalam kondisi terparah, penderita tidak bisa lagi membedakan warna. Sedangkan katarak kortikal menyerang tepi luar lensa menuju ke tengah membuat penderita melihat coretan putih dalam penglihatannya serta rentan mengalami silau.

Ada banyak gejala mata katarak yang perlu diwaspadai, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Penglihatan samar dan berkabut
  • Melihat gambar menjadi ganda
  • Kesulitan melihat saat cahaya terlalu terang atau remang-remang
  • Sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan
  • Sulit membedakan warna-warna
  • Melihat lingkaran cahaya di sekeliling cahaya terang pada malam hari

Pengobatan yang dapat dilakukan saat Anda merasakan gejala mata katarak tersebutadalah dengan melakukan operasi. Lensa mata yang keruh akan diganti dengan lensa mata buatan (lensa intraokuler) atau dapat pula dengan cara operasi laser. Pemulihan operasi katarak membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu yang cukup lama sehingga dibutuhkan kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi. Namun beda lagi kalo kita menjalani pengobatan dengan walatra sehat mata softgel, kalo dengan herbal ini pengobatan lebih aman dan lebih murah.

iklan

Tentunya Anda tidak ingin mengalami gejala mata katarak yang kami sebutkan di atas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda lakukan pencegahan sejak usia muda dengan menjaga kesehatan mata. Caranya adalah menjalani pola hidup sehat dengan menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran. Batasi makanan manis yang dapat menyebabkan penyakit diabetes karena dapat memicu penyakit katarak. Selain itu, gunakan kacamata untuk melindungi lensa mata dari paparan langsung sinar matahari.