6 Tanda Gejala Mata Iridosiklitis Akut dan Penyebabnya

6 Tanda Gejala Mata Iridosiklitis Akut dan Penyebabnya - obatpenyakitmata.com,- Mata iridosiklitis akut sering disebut dengan uveitis anterior atau uveitis yang terjadi pada bagian depan mata. Uveitis sendiri adalah peradangan pada uvea yaitu lapisan pada mata yang terletak antara lapisan sklera dan retina, terdiri dari iris, badan siliar dan koroid. Radang pada iris disebut dengan iritis, sedangkan radang pada badan siliar disebut dengan siklitis. Iritis dan siklitis dapat terjadi bersamaan sehingga disebut iridosiklitis atau uveitis anterior. Sedangkan radang yang meliputi daerah koroid disebut koroiditis atau uveitis posterior. Bagaimana Gejala Mata Iridosiklitis Akut?

6 Tanda Gejala Mata Iridosiklitis Akut

iklan

Uveitis anterior atau gejala mata iridosiklitis akut merupakan penyakit yang terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama 6 sampai 8 minggu. Sementara, uveitis posterior biasanya terjadi dalam waktu lama dan berjalan lambat. Selain itu, uveitis anterior pada tahap awal dapat dikontrol dengan penggunaan obat tetes mata saja dibandingkan dengan uveitis posterior yang lebih susah untuk diobati.

Gejala mata iridosiklitis akut meliputi :

  • Mata merah
  • Mata nyeri
  • Sensitif terhadap cahaya (fotopobia)
  • Pandangan kabur dan tidak jelas
  • Ada bintik-bintik gelap pada lapang pandang
  • Hiperlakrimasi (produksi air mata berlebih)

Penyebab Gejala Mata Iridosiklitis Akut

Uveitis anterior atau gejala mata iridosiklitis akut bisa terjadi disebabkan oleh faktor endogen misalnya karena kelainan autoimun seperti peradangan sendi (arthritis rheumatoid) atau ankylosing spondylitis. Ada pula faktor eksogen yang berasal dari luar yang menyebabkan uveitis anterior seperti trauma, iatrogenic atau akibat operasi intra okuler. Dilihat dari penyebabnya, iridosiklitis atau uveitis dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Uveitis infeksius yang disebabkan oleh agen non spesifik (endotoksin dan media radang lainnya), agen spesifik (oftalmika simpatika dan uveitis imbas lensa) dan penyakit sitemik (behcet, sindroma reiter dan sarcoidosis)
  • Uveitis noninfeksius
  • Uveitis tanpa sebab yang jelas

Gejala mata iridosiklitis akut biasanya hanya menyerang salah satu mata saja dan kebanyakan dialami oleh orang  berusia muda. Adanya kelainan autoimun merupakan faktor resiko terbesar terjadinya uveitis anterior. Pengobatan uveitis dapat berupa obat tetes mata dan steroid topical yang berfungsi mengurangi radang dan rasa nyeri. Namun, pada kasus iridosiklitis berat diberikan steroid sistemik yang berupa obat-obatan diminum dan disuntik.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan mgenai Gejala Mata Iridosiklitis Akut, mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa menambah pengetahuan anda dan bisa memberikan solusi terbaik untuk penyakit mata anda.