Penyebab, Gejala Mata Glaukoma dan Cara Mengatasinya

Gejala Mata Glaukoma dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Glaukoma merupakan penyakit mata yang diakibatkan oleh tingginya tekanan cairan dalam bola mata karena produksi cairan mata berlebihan ataupun saluran cairan mata yang terhambat alirannya. Tekanan ini merusak saraf optik yang memberi sinyal penglihatan ke otak. Kerusakan saraf ini tidak bisa disembuhkan dan gejala mata glaukoma pun dapat berkembang menjadi kebutaan.

Cara Mengatasi Gejala Mata Glaukoma Secara Alami

iklan

Ada 4 Jenis Gejala Mata Glaukoma, Yaitu :

  • Glaukoma sudut terbuka. Glaukoma sudut terbuka atau glaukoma kronis paling sering ditemukan pada penderita diabetes atau miopia dan cenderung diturunkan dari riwayat keluarga. Awalnya glaukoma kronis tidak menunjukkan rasa nyeri akan tetapi secara perlahan lapang pandang mata menyempit hingga membuat penglihatan menjadi tidak jelas.
  • Glaukoma sudut tertutup. Glaukoma sudut tertutup atau glaukoma akut adalah gejala mata glaukoma yang terjadi secara tiba-tiba akibat adanya hambatan cairan secara mendadak. Gejala ini menimbulkan rasa nyeri dan dapat menyebabkan kebutaan permanen bila tidak langsung ditangani.
  • Glaukoma sekunder. Glaukoma sekunder terjadi apabila mata mengalami kerusakan karena adanya infeksi, tumor, peradangan, katarak yang meluas dan uveitis.
  • Glaukoma kongenital. Glaukoma kongenital merupakan gangguan pada mata yang sifatnya bawaan sejak lahir atau diturunkan. Penyakit ini jarang terjadi dan untuk mengatasinya harus dilakukan pembedahan.

Gejala mata glaukoma dapat dikontrol dengan melakukan pengobatan yang sesuai dengan tipe glaukoma yang diderita. Ada beberapa jenis obat yang biasanya disarankan oleh dokter yaitu :

  • Prostaglandin, obat tetes mata untuk mengurangi tekanan dan meningkatkan aliran cairan pada mata yang biasanya digunakan pada glaukoma sudut terbuka.
  • Beta blockers, untuk mengurangi produksi cairan dan tekanan pada mata.
  • Alpha adrenergic agonis, untuk mengurangi produksi aquous humor serta meningkatkan arus keluar cairan pada mata.
  • Inhibitor anhydrase karbonat, obat ini jarang digunakan namun berfungsi mengurangi produksi cairan pada mata.
  • Miotic atau kolinergik agen, fungsinya meningkatkan aliran cairan pada mata.

Selain pemberian obat-obatan, gejala mata glaukoma dapat diantisipasi dengan cara menerapkan gaya hidup sehat di antaranya menghindari minuman berkafein dan alkohol, olahraga aerobik dan peregangan otot secara teratur dan menghindari stres.