Penyebab Gejala Mata Floaters dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gejala Mata Floaters dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Eye floaters atau myodesopsia adalah bintik hitam atau garis yang selalu mengikuti gerakan mata. Eye floaters ini terlihat seperti bintik kecil hitam, benang atau jaring laba-laba yang mengambang. Gejala mata floaters terjadi karena serat mikroskopis dalam vitreous menggumpal dan membuat bayangan kecil pada retina.Pada kasus yang lebih serius, eye floaters dapat berupa kilatan cahaya atau kehilangan penglihatan tepi.

Penyebab Gejala Mata Floaters

iklan

Gejala mata floaters disebabkan oleh perubahan mata yang berkaitan dengan vitreous. Vitreous sendiri berbentuk seperti jelly yang mengisi bola mata untuk mempertahankan bentuk bulat pada bola mata. Seiring pertambahan usia, vitreous berubah menjadi semakin menyusut sehingga terbentuk gumpalan seperti serabut atau benang. Potongan-potongan serabut ini menghalangi cahaya yang masuk sehingga menciptakan bayangan kecil pada retina. Beberapa gejala yang muncul sebagai gejala mata floaters, adalah sebagai berikut :

  • Terdapat bintik hitam seperti benang yang mengambang pada area visi
  • Seperti ada objek yang bergerak saat menggerakkan bola mata
  • Ketika melihat latar belakang polos terlihat seperti langit biru atau dinding putih
  • Suatu area yang melayang keluar dari visi

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gejala mata floaters, di antaranya :

  • Perubahan mata yang berhubungan dengan pertambahan usia
  • Radang pada bagian belakang mata (uveitis posterior)
  • Pendarahan pada vitreous akibat cedera atau terdapat masalah pada pembuluh darah
  • Robekan retina

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena eye floaters yaitu seseorang yang berusia di atas 50 tahun, memiliki penyakit rabun jauh, peradangan pada mata, trauma pada mata, retinopati diabetesdan akibat komplikasi dari operasi katarak.

Gejala mata floaters yang termasuk parah dapat mengganggu penglihatan dan menurunkan kualitas hidup karena dapat menghambat kelancaran aktivitas harian. Oleh karena itu, dianjurkan untuk segera berobat ke dokter dan memilih alternatif pengobatan. Pilihan yang diberikan untuk mengobati eye floaters dapat berupa :

  • Penggunaan laser untuk memecah floaters yang diarahkan pada vitreous mata
  • Pembedahan untuk mengangkat vitreous (virectomy)

Kedua alternatif pengobatan eye floaters ini baik dengan laser maupun virectomy memiliki resiko kerusakan terhadap retina. Nah jika anda ingin menjalani pengobatan gejala mata floaters secara alami dan aman anda bisa mencoba obat herbal eye care softgel yang kami jual. Walatra Sehat Mata Softgel mampu mengobati berbagai macam penyakit mata dari dalam. Langsung saja untuk pemesanan klik disini.