Tanda Gejala Ablasio Retina dan Cara Mengatasinya

Tanda Gejala Ablasio Retina dan Cara Mengatasinya - obatpenyakitmata.com,- Ablasio retina adalah terlepasnya lapisan sensoris retina (sel batang dan sel kerucut) dari lapisan epitel pigmen retina. Di antara kedua lapisan tersebut terdapat cairan yang disebut cairan subretina. Jika kedua lapisan terpisah maka retina tidak dapat lagi berfungsi dan menyebabkan kerusakan permanen. Pemisahan lapisan sensoris retina dengan lapisan epitel pigmen retina ini terjadi karena gerakan cairan subretina menarik atau mendorong retina. Akibatnya akan timbul gejala ablasio retina (robekan retina).

Gejala Ablasio Retina dan Cara Mengatasinya

iklan

Seseorang yang mengalami gejala ablasio retina awalnya akan merasakan penglihatannya terganggu seperti ada bintik-bintik atau bayang-bayang hitam (floaters) dan seperti ada kotoran. Selain itu, sering disertai pula dengan adanya kilatan cahaya kemudian penglihatan seperti tertutup tirai dan menjadi gelap. Berdasarkan proses terjadinya, gejala ablasio retina dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Ablasio retina regmatogen yang disebabkan oleh adanya lubang atau robekan pada retina
  • Ablasio retina traksional disebabkan oleh tarikan atau dorongan terhadap retina
  • Ablasio retina eksudatif disebabkan oleh komplikasi penyakit lain seperti tumor, peradangan dan hipertensi

Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya ablasio retina regmatogen adalah degenerasi retina, miopi, trauma, proses penuaan, diabetes tidak terkontrol, riwayat keluarga yang menderita ablasio retina dan riwayat operasi intraokular. Pada bayi, ablasio retina dapat disebabkan oleh retinopati akibat prematur.

Penanganan Gejala Ablasio Retina Secara Medis


Gejala ablasio retina tidak menimbulkan rasa nyeri, akan tetapi muncul bayangan yang melayang seperti kilatan cahaya dan dapat menyebabkan penglihatan jadi kabur. Selama proses terlepasnya retina, mata bisa menjadi keruh akibat perdarahan dari pembuluh darah retina. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi terganggu. Awalnya hanya terjadi pada satu bagian lapang pandang, tetapi lama kelamaan akan menyebar. Langkah penanganan untuk gejala ablasio retina dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :

  • Bedah laser untuk menutup robekan retina
  • Kriopeksi yaitu teknik membekukan dinding bagian belakang mata yang berada di belakang robekan retina dengan tujuan membentuk jaringan parut yang dapat melekatkan retina pada jaringan di bawahnya
  • Retinopeksi pneumatik yaitu menyuntikkan gelembung gas ke dalam vitreous
  • Bedah scleral bucling yaitu penempelan kembali retina dengan cara pembuatan lekukan pada sklera (bagian putih pada mata)
  • Vitrektomi yaitu pembedahan cairan subretina dihapus dari posterior dan diganti dengan minyak silikon untuk mendorong retina yang terpisah melekat kembali.

Itulah informasi mengenai gejala ablasio retina, penyebab dan cara mengatasi ablasio retina secara alami dan secara medis. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bisa membantu anda yang sekarang sedang bingung mengenai solusi penyakit mata ini. Setelah melihat pembahsan dari awal sampai akhir mungkin anda lebih tertarik dengan menjalani pengobatan dengan obat herbal, silahkan jangan ragu lagi segera konsumsi obat herbal walatra sehat mata softgel untuk kesehatan mata anda.